Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

UNM Usulkan Pola PK-BLU

(Int)

PROFESI-UNM.COM - Tahun ini, Universitas Negeri Makassar (UNM) telah mengusulkan pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK BLU) ke Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti). Hal ini diharapkan agar pengelolaan keuangan di UNM dapat lebih mudah tanpa proses pencairan melalui birokrasi keuangan yang cukup panjang dan ketat.

Hal ini diungkapkan Rektor UNM, Arismunandar. Menurutnya, pola Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang diterapkan UNM sering mengalami masalah pencairan dana setiap tahunnya. Masalah ini dianggapnya sering menghambat kelancaran pelaksanaan kegiatan akademik di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) khususnya di UNM.

"PNBP untuk PTN seluruhnya harus disetor ke kas negara, jika dibutuhkan, proses pencairannya cukup panjang dan ketat. Bila pengelolaan keuangan UNM mengacu pada koncep BLU, maka tidak semua pendapatan kita harus setor ke kas negara, namum boleh dikelola sendiri oleh kita," paparnya.

Perkembangan PK BLU untuk UNM, Arismunandar mengungkapkan masih dalam tahapan proses. Ia mengatakan, usulan yang diajukan UNM ke Dirjen Dikti saat ini masih dalam tahap pemeriksaan berkas. "Sudah kita kirim. Saat ini masih tahapan review di Jakarta, mungkin saja ada sedikit perbaikan," tuturnya.

Arismunandar mengungkapkan, kondisi UNM sebagai BHMN sekarang ini terkadang menimbulkan polemik di internal UNM. "Sekarang ini kan kita sudah berulang-ulang mengajukan permohonan penganggaran, tapi ditolak terus. Jika kita yang kelola dan memiliki otoritas sendiri terhadap anggaran, tentu kita akan lebih mudah mengeksekusi," tuturnya. (*)


*Reporter: Muhammad Yasir

UNM Usulkan Pola PK-BLU Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 17.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.