Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Douglas Laskowske Mengajar Bahasa Bugis di UNM

Douglas Laskowske bawakan seminar bahasa Bugis di UNM
(Rajab - Profesi)

PROFESI-UNM.COM - Peneliti asing asal Amerika Serikat, Douglas Laskowske, bawakan seminar Bahasa Bugis di Universitas Negeri Makassar (UNM), seminar ini juga dirangkaikan dengan workshop pembuatan kamus Bahasa Bugis dengan software. Seminar ini di selenggrakan oleh Pusat Bahasa UNM. Sabtu (22/3) lt. 3 Menara Pinisi.

Douglas, mempresentasekan makalahnya yang berjudul Perbandingan Bahasa Bugis antar Daerah, juga mengulas tentang proses penguasaan bahasa bugis setiap daerah dengan melakukan kunjungan survey sebanyak 7 kabupaten di Sulawesi Selatan, diantaranya Bone, Luwu, Pangkep, Sinjai, Pinrang dan Wajo.

"Untuk Menguasai Bahasa Bugis tentunya kita harus banyak berlatih dan bergaul, juga harus mampu menyesuaikan dengan faktor lingkungan," jelas Peserta BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing) ini.

Menurutnya, dari 7 kabupaten yang menjadi titik surveinya terdapat banyak dialek dan tingkat saling memahami antar daerah satu dengan yang lainnya sanagat kurang. Misalnya Kab. Bone dapat memahami dialek Wajo tapi sebaliknya Wajo kurang memahami dialek Bone.

"Ini membuktikan, kalau tingkat interaksi antara daerah itu sangat kurang, sehingga untuk saling memahami karakter dan dialek menurun," tutur Douglas dalam Bahasa Indonesia.

Kepala Pusat Bahasa UNM, Baso Jabu, sangat mengapresiasi seminar tersebut, menurutnya dengan seminar ini, civitas UNM dapat termotivasi untuk belajar Bahasa Bugis.

"Saya berharap seminar ini dapat memberikan gambaran untuk berkarya dan mengkaji hal-hal yang mengenai kebudayaan, salah satunnya Bahasa Bgis ini," harap guru besar Bahasa Inggris ini. (*)


*Reporter: Rajab
Douglas Laskowske Mengajar Bahasa Bugis di UNM Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 11.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.