Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

PD II FIS: Dosen Tak Boleh Hanya Sekadar Ajar

Pembantu Dekan II FIS UNM, Andi Ima Kesuma
(Rajab - Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Selain tugas pokok sebagai pengajar, seorang dosen juga semestinya mampu memahami karakter mahasiswanya. Kedekatan dosen terhadap mahasiswa selama ini sangat kurang. Untuk itu, seharusnya dosen mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman, karena cara berkomunikasi mahasiswa juga telah mengalami perubahan seiring kecanggihan teknologi.

Begitulah yang diungkapkan Pembantu Dekan Bidang Administrasi Umum dan Keuangan (PD II) Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Makassar (UNM), Andi Ima Kesuma.

"Dosen itu harus mampu mengetahui, seperti apa karakter dari mahasiswanya itu sendiri, sehingga hubungan kekeluaraan antara dosen dan mahasiswa tetap erat," ungkap Andi Ima Kesuma.

Tak hanya itu, dosen pun mestinya mampu menjalin komunikasi dengan baik dengan peserta didiknya. Menurutnya, komunikasilah yang dapat menyatukan persepsi antara dosen dengan mahasiswa, sehingga tidak ada rasa resah.

"Seorang dosen itu seharusnya mampu membuka diri untuk menjalin komunikasi dengan mahasiswanya, baik itu dilakukan melalui media sosial seperti Facebook (FB), Twitter dan Path, maupun media lainnya," ujar Guru Besar Bidang Antropologi ini.

Eks Ketua Prodi Antropologi ini menambahkan, pendidik itu semestinya bukan hanya mampu mengaktifkan cara berpikir mahasiswa dengan menggunakan otak kanan, melainkan bagaimana ia bisa memasuki ranah dunia mereka.

"Saya biasanya mengajak beberapa mahasiswa untuk jalan bersama kalau lagi waktu libur. Itu saya lakukan untuk mencoba masuk di dunianya mereka. sehingga saya bisa tahu seperti apa karakter mahasiswa saya, dan bagaimana perhatian mereka terhadap dunia pendidikannya sendiri," tambahnya.(*)



*Reporter: Rajab
PD II FIS: Dosen Tak Boleh Hanya Sekadar Ajar Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 23.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.