Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Ayo Sehat, Ayo Bersepeda

PROFESI-UNM.COM - Bike To Campus (B2C) adalah kegiatan bagi mahasiswa/i untuk menggunakan sepeda ke tempat kuliah. Tulisan ini akan menunjukkan kekurangan dan kelebihan bersepeda ke kampus yang selama ini juga kulakukan, dengan jarak 1 km dari kos walaupun hanya 2-4 kali seminggu yang kusesuaikan dengan jadwal kuliahku di Kampus V PGSD Parepare, namun itu cukup berarti bagiku.

Kumulai dengan membahas kekurangan bila kamu melakukan Bike To Campus. Lalu kemudian melanjutkannya dengan keuntungan melakukan kegiatan B2C supaya kamu mengerti apa saja resiko yang kamu terima selama Bike To Campus.

Kekurangan

1. Perlu waktu lebih, Melakukan B2C memang membutuhkan waktu lebih dibandingkan menggunakan sepeda motor. Namun bila jarak rumah dan kampusmu tidak terlalu jauh, kemungkinan waktu yang dibutuhkan dengan menggunakan sepeda lebih cepat dibandingkan sepeda motor, tapi jika medan yang ditempuh ekstrim, seperti saya yang melalui banyak tanjakan tentu motor lebih cepat. Bila dibandingkan dengan mobil, tentu sepeda lebih cepat karena sepeda membutuhkan ruang jalan yang lebih kecil dibanding mobil pada keadaan jalan yang macet dan tidak cocok untuk kendaraan besar .

Saran: Berangkatlah lebih awal dan sebelumnya tentukan jalur B2C yang lebih lenggang dan aman, bila perlu gunakan jalan tikus untuk mempersingkat waktu.

2. Keamanan di jalan raya, Ini sangat krusial karena kondisi lalu lintas di Makasar seringkali tidak teratur sehingga pesepeda pun belum cukup aman. Berbeda dengan saya, jalur dari Sumpang Minangae ke Kampus UPP PGSD Parepare cukup aman, itu saja jika lepas dari penurunan hanya perlu konsentrasi karena laju sepeda semakin cepat.

Saran:
· Patuhi rambu lalu lintas terutama di persimpangan jalan.
· Lengkapi dirimu dengan helm sepeda.
· Gunakan jalur sepeda yang ada.
· Usahakan selalu gunakan jalur kiri.
· Pakailah bel atau klakson saat diperlukan.
· Jaga jarak(min.2 meter) dengan motor dan mobil terutama angkutan umum.
· Perhatikan dan sesuaikan kecepatanmu dengan kondisi jalan raya.








3. Tempat parkir sepeda, Walau tidak semua kampus punya parkir sepeda seperti di UPP PGSD Parepare, solusinya kita buat mudah saja, kita bisa memarkirkan sepeda dimana saja asal tidak melanggar aturan dan tetap aman. Bahkan jika kamu mau, kamu bisa mengunci sepeda mu dengan sepeda motor temanmu yang lain, melalui behel motornya dengan safety belt.
Saran: Parkirkan sepedamu bersama dengan pengguna sepeda lain bila ada, atau mintalah ijin kepada petugas keamanan kampusmu untuk memarkirkan sepeda di pos jaga mereka dan sebaiknya sepeda selalu kamu harus dilengkapi safety belt.

Keuntungan

Lebih cepat dan sehat, bila dibandingkan dengan mobil tentu sepeda lebih cepat apalagi bila kondisi jalan yang kita lewati sedang macet maka sepeda adalah solusi untuk melewati kemacetan tersebut. Bila dibandingkan motor, tentu sepeda tidak secepat motor namun menggunakan sepeda lebih baik dibandingkan duduk diam diatas motor karena dengan mengayuh sepeda kita melatih otot jantung yang memompa darah keseluruh tubuh secara merata. Inilah alasan mengapa kadang kita merasa ngantuk selama naik motor/mobil karena darah tidak dipompa secara merata keseluruh tubuh terutama kepala. Saya merasakan kenyamanan, kesehatan selama kurang lebih 1 tahun bersepada ke kampus. 

Irit bahan bakar minyak (BBM), hal ini tentu sudah tentu menjadi keuntungan menggunakan sepeda dan juga alasan mengapa kita harus menggunakan sepeda. Dengan mengurangi pemakaian BBM maka kita telah menghemat energi. Dengan bersepeda kamu bisa mengurangi biaya untuk membeli BBM, walaupun tidak seberapa namun dampak positif bersepeda yang kamu dan dunia terima lebih besar dari biaya yang kamu hemat selama bersepeda. 

Lebih bersahabat, ini salah satu keuntungan yang tidak bisa kamu dapatkan bila menggunakan motor atau mobil. Dengan bersepeda kamu bisa menjalin persahabatan dengan banyak orang, contohnya dengan:

  • Antara pesepeda, kamu bisa saling sapa dan mengobrol bahkan bersepeda sama-sama, seperti ada keakraban yang telah lama walau tidak pernah kenal antar pengendara sepeda. Inilah yang tidak terjadi antara pengendara motor dan mobil.
  • Petugas polisi, sering kali petugas polisi lebih ramah terhadap pengendara sepeda, seperti saya jika lewat depan korps brimob terkadang ada salah seorang anggotanya yang menyapa dan memberikan senyuman.
  • Pejalan kaki, mungkin bagi pemakai sepeda lipat sudah cukup sering menjadi perhatian para pejalan kaki. Karena inilah uniknya menggunakan sepeda, kamu kadang menjadi pusat perhatian dan ada saja orang lain yang tersenyum dan menyapa.
  • Teman kampus, ini hal yang paling terasa selama aku B2C, kadang mereka menghampiri hanya untuk mengucapkan salam atau melihat sepedaku. Namun yang paling menarik adalah saat orang lain yang belum kita kenal menyapa dan bertanya-tanya kepada kita, disitulah kesempatan untuk menambah teman. Biasanya jika saya baru masuk dalam lokasi kampus seringkali ada teman yang berteriak “cie orang Korea datang, kasih jalan. Minta foto dulu!!!” itu satu tanda penghormatan bagiku. 
Hemat secara finansial, dengan Bike To Campus kita tidak perlu membeli bensin, dan juga biaya perawatannya yang ringan sehingga kita bisa menghemat uang. Ini memang salah salah satu keuntungan bersepeda yang sudah tentu semua orang tahu. 

Ramah lingkungan, dunia ini akan terus rusak bila kita tidak melakukan penyelamatan. Mulailah melakukan hal yang ramah lingkungan, salah satunya dengan Bike To Campus. Tidak perlu setiap hari menggunakan sepeda ke kampus, satu kali seminggu saja sudah cukup akan lebih baik bila tiap hari.

Itulah kekurangan dan keuntungan dari Bike To Campus yang selama ini kulakukan, silahkan ditambahi kekurangan dan keuntungannya atau dikoreksi tulisan ini.
Ayo sehat, ayo bersepeda kawan-kawan!
*Penulis Muhammad Nasar, Mahasiswa PGSD FIP UNM Kampus Pare-pare 












Kirim Tulisan, Berita, Opini, Foto atau Karya Sastra Anda ke email redaksi@profesi-unm.com atau profesi_unm@yahoo.com untuk diterbitkan di rubrik Citizen Journalism Profesi Online. Sertakan juga foto, nama lengkap, jurusan/prodi atau jabatan Anda.

Ayo Sehat, Ayo Bersepeda Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 08.06 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.