Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Tips Untuk Maba Mencari Kos di Makassar

(Kartun Ngampus)
PROFESI-UNM.COM - Menjadi Mahasiswa Baru (Maba) adalah pengalaman baru yang mungkin menjadi awal perubahan bagi seseorang, sebuah peralihan berupa gaya hidup, lingkungan, teman, dan masih banyak hal-hal baru lainnya. Fenomena yang terjadi saat ini bahwa Maba yang kuliah di Makassar bukan hanya berasal dari kota Makassar sendiri namun banyak dari mereka  berasal dari luar kota Makassar.

Sebuah pengalaman baru bagi mereka yang berasal dari luar kota, setidaknya mereka akan mulai berpikir mengenai hidup mandiri. Tinggal jauh dari orang tua, jauh dari teman-teman yang mungkin dahulu selalu menjadi tempat pengharapan kala kesulitan namun kali ini semuanya harus ditata kembali, seorang Maba harus mampu membentuk keluarga baru dan teman baru disebuah lingkungan yang baru pula.

Sebuah lingkungan tempat tinggal yang baru akan menentukan bagaimana gaya hidup seseorang sehingga memilih tempat tinggal baik itu berupa rumah kos atau rumah kontrakan adalah hal yang sangat penting.
Nah.... berikut ini beberapa tips kepada Maba untuk memilih rumah kos atau rumah kontrakan yang ideal:

1. Lokasi
Cari rumah kost yang tidak terlalu jauh dengan kampus dan mudah ditempuh (mampu ditempuh dengan berjalan kaki). Dengan memilih rumah kost yang dekat kampus, kamu akan menghemat biaya transportasi dan waktu.

Kamu juga bisa lebih santai ke kampus, tidak terburu-buru dikejar jam masuk kuliah. Apalagi jika kamu harus kembali ke kost karena ada sesuatu yang tertinggal.

2. Luas kamar
Jika memungkinkan, pilih kamar kost yang dapat menampung lebih dari lima orang. Karena, ada saja tugas kampus yang mengharuskanmu mengerjakannya secara kelompok. Kamar yang cukup menampung teman-teman kelompokmu akan menunjang pengerjaan tugasmu. Selain itu, kamar yang cukup luas juga bisa dijadikan base camp, kan?

3. Lingkungannya nyaman dan aman
Pastikan rumah kost yang kamu pilih terletak di lingkungan yang aman dan nyaman. Dengan tinggal di lingkungan yang kondusif, kamu akan lebih berkonsentrasi belajar dan tidak perlu was-was dengan tindak kejahatan. Meski begitu, kewaspadaan tetap penting.

4. Pilih kamar sesuai kebutuhan
Jika kamu membawa kendaraan, kamar yang terletak di lantai bawah adalah pilihan yang tepat. Ini akan memudahkanmu mengawasi kendaraan. Pilihlah kamar kost yang sesuai kebutuhan dan kemampuan kocekmu.

5. Pengurus kost ramah
Kenyamanan tinggal di rumah kost juga dipengaruhi oleh pengurus kost. Jika mereka ramah, kamu pun akan nyaman, kan?

6. Fasilitas sekitar
Kuliah itu tidak akan akan jauh dari yang namanya foto copy dan mengetik. Tidak semua punya komputer atau laptop di rumah kost. Nah, usahakan mencari tempat kost yang tidak jauh dari dua fasilitas ini, hal ini akan memudahkan mengerjakan tugas kampus.

7. Gali informasi tentang keamanan lokasi kost dari para pencuri.
Ini akan membuat kamu untuk lebih hati – hati dan waspada dalam menjaga barang berharga  dan sebagai  pertimbangan barang berharga apa yang akan dibawa kost.

Demikianlah beberapa tips untuk memilih rumah kos atau rumah kontrakan yang semoga saja bermanfaat untuk adik-adik Maba, semoga selama di Kota Makassar adik-adik Maba mampu menjaga diri dan sikap dalam bergaul. (*)


*Sulastri Khaer



Tips Untuk Maba Mencari Kos di Makassar Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 15.49 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.