Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Ayo Berorganisasi di Kampus

PROFESI-UNM.COM - Kampus adalah lembaga akademik yang penuh dengan dinamika dan tantangan. Salah satu tantangan pada saat masih jadi mahasiswa adalah menjadi bagian dari organisasi-organisasi kemahasiswaan yang ada pada suatu kampus, termasuk di Universitas Negeri Makassar (UNM).

Berbicara tentang organisasi kampus, dibedakan atas dua jenis yakni, organisasi intra kampus (organisasi intern) dan organisasi ekstra kampus (organisasi ekstrn). Banyak yang berpendapat bahwa, jika seseorang tidak bergabung pada salah satu organisasi pun. Maka dia, bukan mahasiswa melainkan hanya seorang pelajar.

Di UNM Sendiri, Organisasi Intern terdiri dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Majelis Permuswaratan Mahasiswa (Maperwa), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)/Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) serta organisasi pengembangan bakat dan minat lainnya yang ada pada jajaran fakultas dan jurusan/prodi.

BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa)
Badan Eksekutif mahasiswa atau BEM merupakan Lembaga eksekutifnya adalah badan pelaksana senat mahasiswa. Belakangan nama badan pelaksana diganti dengan istilah yang lebih praktis, badan eksekutif mahasiswa (BEM). Awalnya BEM dipilih, dibentuk dan bertanggung jawab kepada sidang umum senat mahasiswa namun sekarang pengurus kedua lembaga sama-sama dipilih langsung dalam suatu pemilihan umum. BEM terdiri dari BEM universitas, BEM Fakultas hingga BEM Jurusan.

Maperwa (Majelis Permusyawaratan Mahasiswa)
Maperwa adalah lembaga legislatif tertinggi di pada kampus setempat yang merupakan perwakilan dari tiap angkatan yang aktif ataupun transisi. Sebagai Lembaga Legislatif, maka tentunya MAPERWA melakukan fungsi pengawasan terhadap kinerja badan eksekutif. Pelaksanaan program kerja sebagai amanah rapat kerja menjadi perhatian utama MAPERWA dalam menjalankan tugas. Ketua MAPERWA memberikan mandat kepada anggota komisi masing-masing dalam memantau jalanya program kerja yang berkaitan dengan komisi tersebut. Maperwa terdiri dari Maperwa Universitas dan maperwa Fakultas


HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan)
Himpunan mahasiswa jurusan adalah organisasi mahasiswa intrakampus yang terdapat pada jurusan keilmuan dalam lingkup fakultas tertentu. Umumnya bersifat otonom dalam kaitannya dengan organisasi mahasiswa di tingkat fakultas seperti senat mahasiswa dan badan eksekutif mahasiswa. Kegiatan himpunan mahasiswa jurusan umumnya dalam konteks keilmuan, penalaran dan pengembangan profesionalisme.

UKM (Unit Kegiatan mahasiswa)

Untuk lebih mengembangkan lagi potensi yang ada pada setiap mahasiswa, maka ada organ lain yang disebut Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

UKM adalah wadah aktivitas kemahasiswaan untuk mengembangkan minat, bakat dan keahlian tertentu bagi para aktivis yang ada di dalamnya. Unit Kegiatan Mahasiswa sebetulnya adalah bagian/organ/departemen dari Dewan Mahasiswa.

Ketika dilakukan pembubaran Dewan Mahasiswa, departemen-departemen Dewan Mahasiswa ini kemudian berdiri sendiri-sendiri menjadi unit-unit otonom di Kampus. Unit Kegiatan Mahasiswa terdiri dari tiga kelompok minat : Unit-unit Kegiatan Olahraga, Unit-unit Kegiatan Kesenian dan Unit Khusus (Pramuka, Resimen Mahasiswa, Pers Mahasiswa, Koperasi Mahasiswa, Unit Kerohanian dan sebagainya).
(*)

Penulis: Asran
Ayo Berorganisasi di Kampus Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 09.52 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.