Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Kenali Penanggulangan Bencana Lewat Seminar

Dekan FMIPA saat memberikan sambutan pada seminar mitigasi bencana
di Aula Pascaserjana UNM, Senin (26/3)
PROFESI-UNM.COM - Pusat Studi Mitigasi Bencana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UNM menggelar seminar nasional bertajuk "Optimasi Penanggulangan Bencana Alam dan Sosial Serta Implementasinya di Daerah Sulawesi Selatan" di Aula Pascasarjana Lt.5, Senin (25/3).

Ketua Panitia, Firdaus Daud mengungkapkan seminar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang pemetaan dan memaksimalkan penanggulangan bencana alam. "Seminar ini juga salah satu penunjang pembangunan nasional, khususnya di Sulsel," tuturnya.

Direktur Perlindungan Sosial dan Korban Bencana Sosial Kementrian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI), Syahbuddi sebagai pemateri mengungkapkan proses penanggulangan bencana di Indonesia lemah dalam hal kordinasi yang mengakibatkan proses penanggulangan yang tidak merata. "Jika penanggulangannya merata dan tepat sasaran, jumlah korban bisa dikurangi," paparnya.

Lebih lanjut, Ia menyatakan upaya penaggulangan masalah kesejahteraan sosial akibat bancana  alam merupakan rangkaian kegitan yang dimulai sebelum terjadinya  bencana  melalui kegiatan pencegahan, mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam.  Menurutnya, kegiatan yang dilakukan pada saat terjadi bencana berupa kegiatan tanggap darurat, sementara pada saat setelah terjadi bencana alam berupa kegiatan pemulihan, rehabilitasi dan rekonstruksi. (*)


*Reporter: Irwan Sukardi
Kenali Penanggulangan Bencana Lewat Seminar Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 10.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.