Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Adil Patu Doktor Tercepat Sosiologi UNM

(int)

PROFESI-UNM.COM - Ketua Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK) H.A.M. Adil Patu menjadi doktor tercepat pada Program Studi (Prodi) Sosiologi S3 Pascasarjana (PPs) UNM. Adil Patu meraih gelar doktornya dengan masa studi 2 tahun 5 bulan usai melakukan ujian promosi doktor di PPs UNM (2/2). Selain meraih doktor tercepat, ketua komisi D DPRD Sulsel ini juga sekaligus menjadi alumnus pertama pada angkatan 2010 prodi Ilmu Sosiologi.

Adil Patu mengangkat judul disertasi Modal Sosial dan Perilaku Pemilih (sebuah kajian sosiologi politik tentang Pemilukada Gubernur DKI Jakarta Tahun 2012). Dalam disertasinya ayah lima anak ini menjelaskan tentang fenomena Pemilukada DKI Jakarta yang memiliki banyak fakta mengejutkan antara lain tidak tepatnya prediksi seluruh lembaga survey. "JSI bahkan sampai mengklaim pemilihan Gubernur hanya berlangsung satu putaran. Dengan kemenangan pasangan Incumbent Fauzi Bowo," ujar Adil Patu.
Adil mengatakan alasan sejumlah elemen memprediksi kemenaangan Foke memang sangat rasional. Pasalnya selain karena Foke adalah orang betawi asli, dia juga didukung oleh partai-partai besar yang pengurus pusatnya berada di Jakarta. Tetapi, lankut Adil  kondisi realitasnya justru sangat berbeda. Justru Jokowi, calon yang kurang di prediksi bisa menang. "Keanehan inilah yang membuat saya tertantang untuk mengkaji fenomena ini," ujar Adil.

Sementara itu, Direktur PPs UNM, Jasruddin mengungkapkan Adil Patu menjadi alumnus Prodi S3 sosiologi yang ke 54. Adil mendapatkan gelar doktor dengan IPK 3,89 dengan predikat sangat memuaskan. Olehnya itu, Jasruddin mengungkapkan pihaknya sangat mengapresiasi usaha, ketekunan dan keuletan dari Adil Patu dalam memanage waktunya.

Meski menjadi doktor tercepat sosiologi UNM guru besar fisika ini berharap agar selaku pejabat publik Adil Patu dapat menularkan semangat menuntut ilmunya ke pejabat publik yang lain. "Secara umum pejabat publik sudah mengetahui secara praktis.  Tinggal landasan keilmuawannya saja yg diperkuat," ungkap Professor FMIPA ini.

Bertindak selaku Promotor, Prof. TR Andi Lolo mengungkapkan Adil Patu telah melewati 10 tahapan doktor yang ada di UNM. Dengan kata lain kadar keilmuawannya telah melewati proses penyaringan dan telah matang untuk menjadi doktor dalam bidang ilmu sosiologi.
Adil Patu Doktor Tercepat Sosiologi UNM Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 08.26 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.