Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Olah Batang Pisang Jadi Makanan Ikan

Hasil olahan pakan ikan yang berasal dari batang bisang. (Rizki-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Kata PASKIN pastinya masih asing terdengar di telinga kita. Kata ini merupakan kata singkatan yang diambil dari judul sebuah inovasi Mahasiswa UNM yaitu Pakan Ikan Untuk Peternak Miskin (PASKIN). Munculnya ide ini di latar belakangi kegelisahan 3 orang Mahasiswa UNM melihat realita para peternak miskin yang tidak mampu membeli pakan ikan alami karena harga yang melambung tinggi. Oleh karena itu mereka memutar otak untuk memberikan solusi bagi para peternak miskin dengan menawarkan limbah batang pisang yang mereka sulap menjadi sebuah pakan ternak yang kualitasnya tidak kalah dengan pakan ikan alami.

Di tangan Yusri, Fauziah dan Nurunnisa, Mereka memilih batang pohon pisang yang dianggap limbah oleh sebagian besar masyarakat. Batang pohon pisang menjadi pilihan mereka karena kandungan karbohidrat yang sangat tinggi khususnya di bagian pangkal pohon pisang atau yang biasa disebutnya sebagai “bungol”.

Selain itu, batang pohon pisang merupakan tumbuhan yang paling banyak tumbuh di Asia tenggara.
Salah satu anggota tim peneliti ini, Yusri menjelaskan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas paskin yang dibuatnya memiliki kandungan karbohidrat yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan lima jenis pakan ikan alami yang biasa digunakan para peternak. “Bukan hanya kandungan karbohidrat yang tinggi tetapi juga harga bahan paskin yang murah,” imbuh mahasiswa kelahiran Bone ini. Ia menyebutkan bahwa harga pakan ikan biasa mencapai Rp300 ribu sementara untuk paskin hasil temuannya hanya membutuhkan biaya untuk membeli bahan seperti air kapur dan aroma makanan ikan.  

Fauziah menuturkan bahwa proses pengolahan yang dilakukan dengan terlebih dahulu mengeringkan batang pohon pisang yang telah ditebang atau yang dibuang setelah diambil buahnya. Setelah dikeringkan batang pohon pisang ini ditumbuk atau dihaluskan. Setelah itu untuk mematikan bakteri pada batang pohon pisang digunakan air kapur. Untuk memberikan aroma pakan ikan ternak alami seperti yang terjual dipasaran digunakan aroma udang-udangan atau ikan dan terakhir dijadikan pelet atau butir-butir kecil.

“Penemuan ini diikutsertakan dalam ajang lomba Inovasi 2012 Unhas, dan kami berhasil meraih juara harapan I” kicauh Fauziah. Ia menambahkan bahwa para juri yang mengomentari Inovasi ini menyebutkan bahwa penelitian ini masih perlu dikembangkan dengan meningkatkan kandungan protein yang ada dalam paskin tersebut. Oleh karena itu, mereka berharap kepada pihak birokrasi agar dapat membantu untuk mempromosikan hasil penelitian ini serta pengembangan penelitian selanjutnya.

Masih menurut Fauziah, Ia berpesan agar mahasiswa-mahasiswa UNM dapat memunculkan inovasi-inovasi yang lebih banyak lagi. (*)


*Sumber: Tabloid Profesi Edisi 164
Olah Batang Pisang Jadi Makanan Ikan Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 10.51 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.