Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

SNMPTN 2013, Tak Mesti Lagi Tes Keterampilan

SNMPTN. (int)
PROFESI-UNM.COM - Mekanisme Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 tahun ini tidak lagi sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada seleksi kali ini, bagi para calon mahasiswa yang mendaftarkan diri terkhusus di bidang seni dan olahraga, kini tidak lagi melalui prosesi tes keterampilan, akan tetapi memasukkan berkas administrasi yang memiliki nilai prestasi di bidang tersebut.

Hal itu diungkapkan oleh salah satu panitia seleksi SNMPTN di UNM, Karta Jayadi. Ia menjelaskan, untuk tahun ini,  tidak lagi mengukur bakat dan kemampuan peserta, karena seleksi dilakukan semata berdasarkan kepada nilai rapor kelas X-XII, serta mekanisme seleksi yang lebih reliable dan berstandar dalam bentuk portofolio dukumentatif.

Dekan Fakultas Seni dan Desain ini menambahkan, seleksi SNMPTN 2013 yang menggunakan fortofolio ini terdiri dari 2 bidang yaitu bidang olahraga dan seni.  Kumpulan karya/penampilan peserta dalam bidang seni dan olahraga dukumentasi karya/ penampilan peserta salama mengikuti pendidikan di SMA.

“Baik berupa hasil kegiatan kurikuler formal disekolah maupun kegiatan informal diluar sekolah seperti yang dilakukan di Sanggar, Studio, Unit dan perkumpulan yang menyelenggarakan kegiatan seni atau olahraga,” tutur Dekan FSD ini

Ia juga menambahkan bahwa fungsi portofolio ini sebagai platform mekanisme evaluasi minat (interest), kemampuan (ability), dan pengalaman (experience) calon mahasiswa yang akan mengikutu pendidikan dalam bidang seni atau keolahragaan. ”Sedangkan tujuannya untuk menjaring calon mahasiswa dianggap memenuhi persyaratan dasar kemampuan atau keterampilan bidang Ilmu seni dan keolahragaan,” tutupnya. (*)


*Reporter: Irwan Sukardi

SNMPTN 2013, Tak Mesti Lagi Tes Keterampilan Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 19.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.