Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Selain Bidik Misi, Mahasiswa UKT Nol pun Diverifikasi

PROFESI-UNM.COM - Verifikasi yang dilaksanakan oleh pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) ke daerah Soppeng dan Bone dilaksanakan selama dua hari yaitu Jumat hingga Sabtu. Ada yang berbeda pada verifikasi yang dilaksanakan tahun ini, bukan hanya penerima bidik misi yang menjadi terget verifikasi tetapi juga Mahasiswa yang masuk dalam golongan Uang Kuliah Tunggal (UKT) nol. Mahasiswa yang masuk dalam golongan ini juga tidak dibebankan untuk membayar uang kuliah.

Berdasarkan informasi dari tim verifikasi di kabupaten Bone, mereka sengaja meminta data mahasiswa UKT nol di daerah tersebut. Walaupun alamat lengkap pada biodata tersebut tidak dicantunmkan. Atas inisiatif tim verifikasi, mereka menelusuri mahasiswa yang bersangkutan dengan mendatangi sekolah-sekolah SMA untuk memperoleh alamat.  

Berdasarkan data yang diperoleh, tim verifikasi yang juga berkunjung ke kediaman Mahasiswa yang tergolong UKT nol, terdapat Mahsiswa yang dianggap mampu. Mahasiswa tersebut berasal dari kecamatan Mare yang rumahnya terletak 2 km dari pusat kota. Kedua Orang Tua Mahasiswa yang menyambut tim verifikasi mencoba memberikan berbagai macam alasan tentang kondisi rumah yang Mereka huni. Rumah yang mereka tempati masih dalam proses pembangunan, selain itu terdapat mobil yang terparkir di rumah tersebut. Namun, menurut orang tua dari Mahasiswa yang bersangkutan, mobil itu milik orang lain yang datang berobat. Orang Tua mahasiswa pun tidak mengakui barang-barang di rumah itu adalah miliknya. Menurut mereka barang-barang itu milik mertua mereka.

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari orang tua mahasiswa, Ia mengaku bahwa ayah mahasiswa tersebut hanya bekerja sebagain tukang ojek, sedangkan Ibunya hanyalah sebagai Ibu Rumah Tangga (IRT). Selain itu, berdasarkan perwajahan dari Ayah Mahasiswa yang bersangkutan masih terlihat energik dan muda. Sedangkan pihak tetangga yang juga dimintai keterangan, tidak mau berkomentar tentang keadaan keluarga yang bersangkutan.

Sementara itu, penerima bidik misi yang menjadi target di daerah Bone dan Soppeng, terdapat Mahasiswa Jurusan PGSD yang dianggap mampu oleh tim verifikasi walaupun orang tuanya petani. Berdasarkan informasi yang diperoleh dari tetangga Mahasiswa tersebut, menurutnya orang tua Mahasiswa ini mempunyai tanah dan empang yang cukup luas. (*)


*Reporter: Ary Utary Nur
Selain Bidik Misi, Mahasiswa UKT Nol pun Diverifikasi Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 03.34 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.