Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

UNM Akan Beli Software Turnitin

Logo Turnitin (Int)

PROFESI-UNM.COM - Untuk meningkatkan kualitas akademik, Universitas Negeri Makassar (UNM) rencananya akan membeli Software Turnitin yang merupakan alat pendeteksi plagiat yang harganya berkisar Rp.90 juta.

Direktur Pascasarjana UNM, Jasruddin mengatakan, software ini akan digunakan untuk mendeteksi skripsi, jurnal, proposal, makalah hingga tugas mahasiswa yang berpotensi melakukan plagiat. "Jadi semua calon sarjana, baik S1 hingga S3 skripsinya akan kami masukkan dulu ke software ini (Turnitin, red) sebelum dilakukan pengujian," ungkapnya.

Treesia selaku prodock manager paradigms mengungkapkan, sofware turnitin ini dapat mendeteksi kesamaan kata hingga kalimat yang ada di data base. "Sofware ini dapat mendeteksi kata dan kalimat yang sama asalkan ada di data base kami. Untuk saat ini tingkat akurasinya kami bisa jamin," paparnya saat melakukan sosialisasi di gedung pascasarjana lantai 3, selasa (12/2).

Treesia menambahkan, sofware turnitin yang sudah ada sejak 1996 ini sudah digunakan beberapa univesitas di Indonesia seperti Universitas Indonesia, Institute Teknilogi Surabaya, Istitut Teknologi Bandung dan Universitas Airlangga. "Untuk kawasan Indonesia Timur, Universitas Hasanuddin dan Universitas Islam Negeri Alauddin juga akan menggunakan software ini," ungkapnya. (*)


*Reporter: Muhammad Yasir
UNM Akan Beli Software Turnitin Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 07.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.