Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

AMINEF Buka Peluang Beasiswa Fullbright

Sosialisasi beasiswa Fullbright yang dilaksanakan di ruang senat, gedung rektorat UNM, lantai 3. (Ansarullah-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti), melalui AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation), siap mewadahi mahasiswa-mahasiswa berprestasi yang berminat untuk melanjutkan studi ke luar negeri, khususnya Amerika. AMINEF menyediakan beasiswa Fullbright bagi mahasiswa-mahasiswa di Indonesia, tidak terkecuali untuk Universitas Negeri Makassar. Siang tadi, Jumat (12/2), ratusan mahasiswa menghadiri sosialisasi yang dilaksanakan oleh pihak AMINEF mengenai beasiswa tersebut di ruang Senat gedung rektorat UNM.

Salah seorang perwakilan AMINEF, Adeline Widyastuti mengungkapkan, yayasan yang saat ini menaunginya  memang menitikberatkan program-programnya untuk peningkatan pendidikan di Indonesia, khususnya dalam menyediakan beasiswa ke luar negeri. “Yayasan kami dikelola oleh dua pemerintah. Otomatis pemegang kepengelolaannya berasal dari Kedutaan Besar Amerika dan Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) RI, yakni Dikti beserta para alumni Fulbright,” jelas wanita yang menangani bidang Indonesian Programs itu.

Meskipun Indonesia baru tiga tahun terakhir merestui pemberian dana melalui Dikti untuk membantu mahasiswa-mahasiswa dengan beasiswa Fulbright, namun Indonesia menempati urutan keempat selaku pengirim mahasiswa terbanyak. “Ini menunjukkan minat belajar pemuda-pemuda Indonesia memang sangat besar,” tuturnya.

Program beasiswa yang ditawarkan untuk tahun ini pun tidak hanya satu macam, diantaranya Fulbright Master’s Degree Program, Fulbright Master of Science and Technology Initiative Program (F.I.R.S.T), dan Fulbright-Freeport Master’s Degree. Untuk Fulbright Master’s Degree Program dan F.I.R.S.T memiliki ketentuan minimal lulusan S1, IPK minimum 3,0 dan mencapai skor TOEFL Internasional 550. Sementara untuk Fulbright-Freeport Master’s Degree sendiri minimal harus lulusan S1 dengan IPK minimum 3,0 dan memiliki skor TOEFL Internasional 525.

Adapun syarat umum dalam mengikuti seleksi beasiswa ini diantaranya berjiwa pemimpin, aktif dimasyarakat, nilai IPK dan bahasa Inggris, paham budaya bangsa dan budaya asing, serta berkomitmen pulang ke tanah air dan pada bidang studi. Akomodasi yang ditanggung termasuk biaya kuliah dan uang buku, uang saku tiap bulan, tiket penerbangan Internasional, dan asuransi kesehatan. Pendaftarannya dapat dilakukan melalui www.aminef.or.id. Tenggat waktu pendaftaran adalah 15 April 2013. (*)


*Reporter : Muhammad Ansarullah
AMINEF Buka Peluang Beasiswa Fullbright Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 06.38 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.