Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Pembayaran KKN Masih Normal

Ilustrasi. (Fajarianto-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Isu yang semula muncul akan ada kenaikan terkait program Kuliah Kerja Nyata (KKN) akhirnya pupus. Hal ini diungkapkan Muhammad Ardi selaku ketua Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) UNM. Menurutnya, tahun ini pada pendaftaran KKN semester genap masih terhitung normal. Para mahasiswa yang berminat ikut program ini hanya membayar Rp350 ribu untuk KKN reguler dan Rp750 ribu untuk KKN-PPL (KKN Terpadu, red).

Biaya KKN yang dinilai stagnan, membuat Ardi menempatkan lokasi KKN dengan tempat yang sama dengan tahun sebelumnya. Lokasi KKN hanyalah mengambil lokasi di daerah Pinrang, Sidrap, Bone, Soppeng, Bantaeng, dan Jeneponto.

Hal ini membuat Muhammad Ardi selaku Ketua LPM kurang puas dengan lokasi KKN yang itu-itu saja. Muhammad Ardi berharap KKN bisa berkembang lagi dan lebih variatif. “Bagusnya, lokasi KKN bervariasilah, ada jauh dan ada yang dekat,” ungkap Guru Besar Fakultas Teknik ini.

Namun, Muhammad Ardi mengatakan, jika ingin mengembangkan daerah KKN, biayanya juga harus dinaikkan. Idealnya, jika selama 4 tahun ke depan Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak naik, KKN Reguler dinaikkan menjadi 500 ribu dan KKN Terpadu 1 juta rupiah. Estimasi kenaikan biaya seperti itu dengan pertimbangan transportasi ke daerah-daerah baru tujuan KKN yang membutuhkan biaya yang lebih besar.

Dengan kenaikan biaya KKN ini, diharapkan adanya peningkatan kualitas bimbingan dan lokasi penempatan KKN juga bisa merambah daerah yang lebih jauh lagi. Seperti Polewali Mandar (Polman), Luwu Utara, Belopa, Luwu Timur, Bone Barat, Bone Selatan dan Sinjai. “Daerah-daerah baru seperti itu, program pengabdian seperti ini sangat diterima di sana,” ungkap Muhammad Ardi.

Muhammad Ardi sebelumnya sudah membicarakan rencana kenaikan biaya KKN pada fungsionaris mahasiswa sebelum pendaftaran KKN dibuka beberapa waktu lalu. Namun, fungsionaris mahasiswa bersikukuh menolak rencana kenaikan tersebut. Sudirman, selaku Presiden BEM UNM mengatakan, estimasi anggaran di draft rancangan biaya tidak realistis. Lebih lanjut, mahasiswa jurusan Fisika ini mengatakan, hal yang mesti dibenahi sebenarnya itu kesiapan mahasiswa untuk terjun ke masyarakat, bukannya lebih fokus pada anggaran biayanya. “Mahasiswa UNM belum siap untuk menerima kenaikan biaya KKN,” ungkap Sudirman.

Pendaftaran KKN untuk Semester Genap akan berakhir pada 8 Februari mendatang. Pembekalan KKN akan dilaksanakan pada 11 Februari 2013. Sementara, pemberangkatan KKN dijadwalkan pada 18 Februari 2013. Seperti sebelumnya, KKN Reguler akan berlangsung selama dua bulan, sementara KKN Terpadu berlangsung selama tiga bulan. (*)


*Sumber: Tabloid Profesi Edisi 164

Pembayaran KKN Masih Normal Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 10.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.