Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Darma Wanita Ciptakan Bakso Sehat

Bakso sehat. (Rizki-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Masyarakat di negeri ini semakin resah karena semakin maraknya ulah pedagang nakal ketika membuat bakso. Salah satunya dengan mencampurkan bahan kimia seperti boraks dan formalin ke olahan baksonya. Bakso adalah bola-bola daging sapi yang direbus kemudian dipasarkan. Banyaknya orang yang menyukai bakso karena rasanya yang lezat dan mudah didapatkan dimana saja.

Dibukanya kantin Darmawanita di Kampus UNM Gunungsari, tepatnya disebelah kiri gedung ICT Center pada pertengahan tahun 2011, memberi ruang pada Sulaiman untuk membuat bakso tanpa menggunakan MSG. “Ide ini merupakan kreativitas orang-orang disini, karena banyak ibu-ibu atau bapak-bapak yang pantangan dengan bahan-bahan tertentu sehingga muncul ide membuat bakso tanpa MSG ini," tutur lelaki yang akrab disapa dengan Sul. Selain itu ide ini muncul agar makanan yang lebih sehat dan tanpa bahan pengawet, dapat kita temukan diarea Mahasiswa UNM.

Sul yang dibantu oleh 2 rekannya, Norma dan Lia membuat bakso sehat ini dengan melakukan pemilihan bahan yang berkualitas, baik pada pemilihan bahan baku, daging, tepung kanji, dan rempah-rempah. Kemudian semua bahan dibersihkan, dan bumbu di timbang agar dapat balance. Kemudian digiling dan dibentuk.

Selain tidak menggunakan MSG, bakso ini juga menggunakan gula sebagai penyeimbang rasa. “Gula kita gunakan karena bakso ini tidak pakai MSG, itupun gulanya tidak banyak karena banyak juga orang yang menghindari mengkonsumsi gula yang banyak untuk menghindari diabetes," tegas koki yang juga pernah bekerja di hotel ini. Rasa daging pada bakso ini juga sangat terasa karena menggunakan perbandingan antara daging dan kanji yaitu 3:1. Sementara bakso yang banyak beredar di pasaran menggunakan perbandingan antara daging dan kanji yaitu 1:1,5 sehingga rasa daging dan aroma dagingnya biasanya menghilang.

Bakso di kantin Darmawanita ini menggunakan agar-agar dari rumput laut dan tidak menggunakan bahan pengenyal. Agar-agar dipilih karena kandungan seratnya yang tinggi. Sementara bahan pengenyal yang biasa digunakan dipasaran mengandung bahan berbahaya seperti boraks dan sebagainya. (*)


*Sumber: Tabloid Profesi Edisi 164
Darma Wanita Ciptakan Bakso Sehat Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 10.45 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.