Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Muhyina Muin, Doktor Pertama Pendidikan Ekonomi

Muhyina Muin
(int)

PROFESI-UNM.COM - Program Studi Pendidikan S-3 Program Pascasarjana (PPs) UNM akhirnya menetaskan alumni untuk pertama kalinya. Dalam ujian promosi yang digelar di Ruang Teater lt. 3 Menara Pinisi UNM, Muhyina Muin meraih gelar doktoralnya dalam bidang Pendidikan Ekonomi.

Staf pengajar Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Sulawesi Barat (Unsulbar) ini mengangkat disertasi dengan judul “Pengaruh Persepsi Nilai Sosial dan Sikap Kewirausahaan terhadap Kinerja Usaha yang Dimediasi oleh Keyakinan Diri Berwirausaha”. Studi ini dilakukan kepada perempuan pengusaha di Kota Makassar.

Dalam riset yang dilakukannya, Ia menemukan bahwa persepsi nilai sosial kewirausahaan berpengaruh negatif, sedangkan sikap kewirausahaan berpengaruh positif terhadap kinerja usaha perempuan pengusaha di Kota Makassar.

Ia mengungkapkan, persepsi nilai sosial tersebut memberikan makna bahwa keluarnya wanita dari ranah domestik ke ranah bisnis belum sepenuhnya dapat diterima dalam pandangan nilai sosial. “Karenanya, aktivitas usaha yang kebanyakan dilakoni perempuan pengusaha lebih disesuaikan dengan kodratnya di dalam melakukan fungsi ganda, yaitu sebagai pengusaha dan tanggung jawab rumah tangga,” jelas perempuan yang pernah menjabat sebagai anggota DPRD Makassar ini.

Lanjutnya, sikap kewirausahaan yang dimiliki oleh perempuan pengusaha yaitu menguatnya motivasi yang mendasari pada argumentasi keputusan untuk keyakinannya berusaha. “Sehingga terpaan dilematis yang membelenggu keputusan wanita di dalam berwirausaha, direfleksikan melakukan rintisan usaha, setidaknya untuk menunjang ekonomi keluarganya,” tambah aktivis perempuan ini.

Sebagai ketua sidang promosi, Rektor UNM, Arismunandar, menetapkan bahwa Muhyina Muin lulus dengan predikat cum laude (dengan pujian). Predikat tersebut didasarkan oleh berbagai kriteria, di antaranya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,90, penyelesaian studi kurang dari delapan semester, nilai promosi A, dan publikasi jurnal internasional dengan indeks faktor 3. Arismunandar juga menambahkan, Muhyina Muin merupakan doktor ke-226 yang menyeleksikan studi di PPS UNM. (*)



*Reporter: Awal Hidayat
Muhyina Muin, Doktor Pertama Pendidikan Ekonomi Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 08.31 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.