Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Said Saggaf: Benahi Dulu SDM, Baru Bangun Fisik

H.M Said Saggaf saat melakukan ujian promosi doktor di Ruang Teater Pinisi, Senin (18/11)
(Azhar - Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Salah satu cara yang paling efektif untuk mendorong terciptanya stuktur ekonomi suatu daerah menjadi lebih baik adalah dengan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan berkualifikasi. Dengan begitu, suatu daerah akan dapat memanfaatkan semua potensi yang dimiliki utamanya terhadap potensi lokal dalam mensinerjikan secara tersistem berbagai sektor unggulan di daerah tersebut.

Demikian diungkapkan oleh mantan Bupati Mamasa dan Bantaeng H.M. Said Saggaf saat melakukan ujian promosi doktor di Gedung Phinisi UNM lantai 3, Senin (18/11). Menurutnya, ada beberapa sektor unggulan di daerah yang dapat dimanfaatkan dengan maksimal sehingga berdampak pada penyerapan tenaga kerja, pelayanan publik, dan partisipasi masyarakat. "Kesemuanya itu adalah pola dan strategi kebijakan yang dilakukan oleh kepala daerah,"ujarnya.

Dari hasil penelitian, Said mengatakan setidaknya ada enam strategi kebijakan dalam mengefektifkan dampak pergeseran struktur ekonomi kabupaten, diantaranya pengembangan sistem pelayanan yang handal dan terpercaya, penataan sistem dan mekanisme kerja Pemerintah daerah otonom secara holistik, pemanfaatan teknologi informasi secara optimal, peningkatan peran serta dunia usaha dan masyarakat, pengembangan kapasitas SDM dan pelaksanaan pengembangan secara sistematik melalui tahapan yang realistik dan terukur.

"Jika keenam strategi tersebut bisa dicapai, langkah selanjutnya adalah dengan pembangunan secara fisik. Misal pembangunan hotel dan bangunan yang memiliki nilai investasi jangka panjang dan dapat menjadi center grow," ungkapnya.

Dalam ujian Promosi doktor yang dihadiri oleh 300 an undangan tersebut, Said Saggaf mengakat judul disertasi Dampak Kebijakan Pengembangan Wilayah Berbasis Potensi Lokal Terhadap Pergeseran Struktur Ekonomi Kabupaten Bantaeng.

Sementara itu, selaku ketua sidang promosi Rektor UNM Prof. Dr. Arismunandar, MPd mengungkapkan ujian promosi doktor Said Sagaf memiliki kesan yang istimewa. Pasalnya, Said Sagaf menjadi orang pertama yang melakukan ujian promosi doktor di gedung phinisi UNM sejak dapat difungsikan. Said juga, lanjut Arismunandar menjadi mahasiswa tercepat diangkatannya di prodi administrasi publik meskipun dengan usia 70 tahun. "Itu menandakan bahwa motivasi untuk menuntut ilmu bukan hanya milik yang muda. Ini juga sekaligus menjadi bukti bahwa bukan berarti yang tua yang selalu melambat," ungkap Rektor UNM dua periode ini.

Turut hadir dalam ujian terbuka tersebut diantaranya Walikota Makssar, Ilham Arief Sirajuddin, Wakil Walikota Makassar terpilih, Syamsu Rizal, Bupati Polman, Andi Ibrahim Masdar dan beberapa pejabat dari Sulsel dan Sulbar.

Direktur PPs UNM Prof. Dr. Jasruddin, M.Si mengatakan Said Saggaf menjadi alumni PPs UNM yang ke 192 dan alumni yang 125 untuk prodi administrasi publik. Dosen luar biasa STIA LAN Makassar ini
menyelesaikan studinya dengan waktu 2 tahun 7 bulan dengan IPK 3,95. (*)


*Azhar Fadhil
Said Saggaf: Benahi Dulu SDM, Baru Bangun Fisik Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 03.57 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.