Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Sekjen PWI Sumbangkan Buku Untuk Profesi

Penyerahan buku secara simbolis dari Hendry Ch Bangun kepada LPPM Profesi UNM, diwakili oleh Pemimpin Umum, Sahrul Alim. (Jane-Profesi)
PROFESI-UNM.COM - Selain melakukan kunjungan ke Makassar dalam rangka memenuhi undangan chairman Media FAJAR, Alwi  Hamu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pusat, Hendry Ch Bangun menyempatkan diri untuk mengunjungi pers kampus Universitas Negeri Makassar.  Dalam kunjungan itu, ia ditemani oleh Dasmawati Maxwell Kuhnel selaku penulis dari PPs UNM.

Tidak hanya berdiskusi dengan awak-awak LPPM Profesi UNM, salah satu wartawan senior di KOMPAS itu juga membagi pengalamannya selama menjalani profesinya sebagai wartawan. Dimulai ketika ia terjun di dunia jurnalistik kampus Fakultas Sastra Universitas Indonesia (UI). "Ada banyak hal yang bisa kita dapatkan ketika aktif dalam dunia pers kampus, termasuk keterampilan menulis," jelasnya.

Pria asli Medan ini pun melanjutkan dengan sedikit menjelaskan mengenai kompetensi wartawan yang ada di Indonesia. Selaku Ketua Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di PWI, ia menerangkan bahwa setiap wartawan di Indonesia harus dilengkapi dengan sertifikasi wartawan. "Sertifikat bagi wartawan ini sebenarnya berbeda dengan sertifikasi guru. Kalau guru dapat tunjangan setelah sertifikasi, namun wartawan hanya peningkatan status yang kemudian didapatkannya," terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya masih dalam tahap memperjuangkan kesejahteraan wartawan ke dewan pers.

"Bahkan, sebenarnya untuk pers-pers kampus kalau mau diakui sebagai wartawan, harus melalui UKW itu," pesan Hendry.

Setelah hampir dua jam lamanya, Hendry pun berinisiatif menyumbangkan buku untuk LPPM Profesi UNM. Sebanyak enam buku disumbangkannya. Keenam buku tersebut merupakan buku-buku karyanya selama ia menjabat sebagai wartawan olahraga di Harian Kompas. Ia juga aktif menulis cerpen maupun puisi untuk mengisi waktu-waktu luangnya sebagai seorang wartawan.

Pemimpin Umum LPPM Profesi, Sahrul Alim merasa sangat senang atas kunjungan Hendry Ch Bangun di redaksinya. Ia menganggap, ilmu-ilmu yang disampaikan oleh Hendry sangat bermanfaat bagi awak-awak redaksi. “Saya kira apa yang disampaikan beliau sangatlah bermanfaat. Semoga tidak bosan-bosan pula mengunjungi redaksi sedrhana kami,” harapnya. (*)


*Reporter: Aan Ariska Febriansyah
Sekjen PWI Sumbangkan Buku Untuk Profesi Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 08.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.