Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Lomba Cerpen PPs UNM, 254 Naskah se-Indonesia Bersaing Ketat

(int)
PROFESI-UNM.COM - Lomba mengarang cerpen yang dilangsungkan oleh Program Pascasarjana (PPs) Universitas Negeri Makassar (UNM) lebih dari sebulan lalu telah ditutup. Tanggal 30 April lalu merupakan batas akhir pengiriman naskah cerpen yang dilombakan. Alhasil, ada sebanyak 254 naskah cerpen terdaftar yang siap dinilai oleh tim juri lomba cerpen.

“Saya juga kaget sendiri ketika melihat naskahnya sebanyak itu. Apalagi sebagian besar naskah yang masuk itu berasal dari luar UNM,” terang Dasmawati Maxwell Kuhnel selaku panitia Lomba Mengarang PPs UNM. Bahkan, lanjutnya lagi, kebanyakan para peserta merupakan sastrawan dan budayawan ternama di Indonesia yang sudah kawakan di bidang kepenulisan. “Para penulis itu juga ikut meramaikan lomba ini. Malah yang dari UNM hanya beberapa persen saja,” imbuhnya.

Meskipun diikuti oleh para penulis-penulis profesional, namun kategori-kategori nominasi tidak akan berubah. Naskah dari para penulis pemula masih akan tetap berkompetisi dengan para penulis profesional. “Sejak awal kita memang tidak memisahkan kategorinya, antara penulis profesional maupun penulis amatir. Malah kita sendiri tidak menyangka bakal ada penulis penulis profesional itu yang ikut,” tutur Dasmawati.

Meskipun demikian, Dasmawati tetap merasa senang dengan antusiasme yang dihasilkan dari lomba tersebut. Menurutnya, usaha PPs dalam memperkenalkan UNM kepada masyarakat luas, hingga ke seluruh wilayah nusantara lewat lomba ini terbilang cukup berhasil. Terbukti dengan lebih banyaknya masyarakat luar yang berpartisipasi dalam lomba cerpen yang menyediakan total hadiah Rp7.85 juta ini. “Kebanyakan sih mereka berpartisipasi karena melihat nama institusinya. Sangat sedikit mereka temui ada institusi pendidikan yang berani melangsungkan lomba dengan cakupan seluas ini,” jelas wanita alumni PPs UNM ini.

Untuk selanjutnya, naskah-naskah yang telah masuk tersebut akan dinilai oleh tim dewan juri, diantaranya Nestor Rico Tambunan, Farick Ziat, dan Prof. Dr. Ahmad Tolla, M.Pd. Pengumumannya sendiri akan dilangsungkan pada tanggal 30 Mei 2013, baik secara langsung menghubungi pemenang maupun mengumumkannya melalui online social media. (*)


*Reporter: Imam Rahmanto 
Lomba Cerpen PPs UNM, 254 Naskah se-Indonesia Bersaing Ketat Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 22.35 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.