Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Alumni S1 Cumlaude Bisa Loncat Studi ke Program Doktor

Asisten Direktur I PPs, Suradi Tahmir. (int)
PROFESI-UNM.COM - Untuk mencapai gelar doktor, kini tak perlu lagi melewati jenjang magister (S2). Alumni S1 yang memiliki kemampuan cemerlang atau nilai cumlaude dipastikan dapat menempuh program doktor tanpa melalui jenjang magister. Program tersebut disebut Program Doktor Sarjana Unggul (PDSU).

Demikian diungkapkan oleh Asisten Direktur Bidang Akademik Program Pascasarjana (PPs) UNM, Suradi Tahmir di Kampus PPs UNM, Kamis (18/4). Suradi mengatakan PDSU  merupakan program yang dicetuskan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti). Dalam pelaksanaannya, pihak Diktimemberikan kewenangan kepada  11 universitas selaku penyelenggara, salah satu diantaranya adalah PPs UNM.

Progam ini, lanjutnya, memberikan kesempatan kepada semua alumni S1 untuk melanjutkan studi ke  rogram doktor menggunakan beasiswa. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus selanjutnya akan diangkat
menjadi tenaga dosen yang ditempatkan di seluruh Indonesia.

Adapun syaratnya, Professor Matematika  ini mengungkapkan calon mahasiswa PDSU harus memiliki IPK diatas 3,00 , lulus Tes Potensi Akademik (TPA), dan TOEFL yang diselenggarakan di universitas  penyelenggara. “Khusus untuk PPs UNM ada satu seleksi tambahan yaitu tes wawancara,” ujarnya. Selama mengikuti studi, peserta PDSU akan menempuh studi paling cepat 4 tahun. “Karena tak melalui jenjang magister maka mahasiswa tersebut akan lebih lama menempuh program doktor,” jelas Suradi.

Lebih jauh, dirinya mengungkapkan mahasiswa yang dinyatakan lulus PDSU bisa saja dianggap gagal dalam  proses pendoktoran. Olehnya mahasiswa yang bersangkutan berhak mengambil gelar magister dengan menyusun ujian program magister. Proses pelaksanaan PDSU sendiri akan berbasis promotor. “Bagi mahasiswa yang ingin mendaftar harus ke promotor yang ditunjuk. Setiap promotor memiliki 3 kouta. UNM sendiri memiliki 6 promotor yang ditunjuk. Jadi, kouta PDSU untuk UNM sebanyak 18 orang ,” ungkap alumnus doktoral UNESA ini. Dalam pelaksanaannya sendiri, mahasiswa PDSU nantinya akan menerapkan studi by riset.

Sementara itu, adapaun ke sebelas universitas penyelenggara PDSU diantaranya, UI, ITB, UNHAS, UGM, IPB, UNM, IKIP Semarang, UNNES, UNESA, UM Malang.  Khusus UNM, akan membuka pendaftaran pada 2014 mendatang. (*)


*Reporter: Sugianto Rusli
Alumni S1 Cumlaude Bisa Loncat Studi ke Program Doktor Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 01.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.