Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

LPM Penalaran Ikut Gagas Gerakan Sulsel Menulis

Diskusi lepas yang berlangsung di kantor Tribun. (ist)
PROFESI-UNM.COM - Tidak hanya berkiprah di dunia kampus, Lembaga Penelitian Mahasiswa (LPM) Penalaran ternyata juga ikut menggagas dan siap membagi ilmunya dalam forum Gerakan Makassar Menulis. Gerakan yang dibentuk 12 Maret ini dihimpun oleh beberapa komunitas dan lembaga yang ada di Makassar, baik lingkup kampus maupun masyarakat umum.

Usai melaksanakan pertemuan perdananya yang membahas beberapa program kerja dan visi Gerakan Sulsel Menulis, maka hari ini, Kamis (21/3) LPM Penalaran bersama anggota penggagas lainnya kembali mengadakan pertemuan di kantor Tribun yang lebih mengarah kepada diskusi lepas. Diskusi ini pun menghadirkan pembicara dari Kemenristek, Ari eko Prasetya, dan penulis buku Laskar Perang Uhud, Adi Wijaya.

Ari Eko Prasetya menjelaskan, menjadi seorang penulis dengan cara wirausaha sangatlah mungkin dilakukan. Apalagi dengan merajalelanya teknik penerbitan self publishing (menerbitkan sendiri). "Penulis pemula ada baiknya, untuk membangun citranya, lebih memilih menerbitkan bukunya dengan metode self publishing dulu," sarannya.

Selain itu, ia juga secara gamblang membeberkan beberapa kiat publikasi tulisan, gambaran-gambaran umum mengenai penerbitan, jenis-jenis penerbitan, proses penjualan naskah, dan diterbitkan oleh penerbit-penerbit utama.

Dalam diskusi ringan yang dihadiri lebih dari 60 orang tersebut, beberapa diantaranya berasal dari komunitas maupun lembaga kampus di luar UNM, seperti LSM Pasir Putih Takalar, FLP, Ikat Jepang, Daeng Blogger, LKIM Pena Unismuh, dan beberapa komunitas lainnya.

Ketua Umum LPM Penalaran, Soma Salim mengungkapkan, tujuan bergabungnya LPM Penalaran melalui gerakan tersebut karena melihat visi dan tujuan yang dikemukakan di Gerakan Makassar Menulis sejalan dengan visi Penalaran. "Apalagi, bagi kami, pekrumpulan seperti ini bisa menjadi corong untuk penyampaian program-program Penalaran ke komunitas lainnya," ujar Soma.

Meskipun baru berusia beberapa minggu, namun Gerakan Sulsel Menulis sudah berencana akan me-launching komunitasnya sekaligus menggelar bedah buku di hotel La Macca tanggal 19 April mendatang. (*)


*Reporter: Imam Rahmanto
LPM Penalaran Ikut Gagas Gerakan Sulsel Menulis Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 08.05 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.