Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

FT dan FIS Dukung UNM Gunakan Software Turnitin

Sosialisasi Software Turnitin di gedung pascasarjana lantai 3, selasa (12/2)
(foto: Yasir - Profesi)

PROFESI-UNM.COM - Software Turnitin, alat pendeteksi kesamaan kata yang akan dibeli Universitas Negeri Makassar (UNM) rupanya mendapat respon positif dari Fakultas Teknik (FT) dan Fakultas Ilmu Sosial (FIS).

Dekan FT, Husain Syam mengatakan software turnitin ini merupakan tools yang bagus untuk menjaga mutu karya mahasiswa seperti skripsi, desertasi dan hasil penelitian mahasiswa untuk meminimalisir tindakan plagiat. "Setidaknya sekitar 3000 mahasiswa UNM pra wisuda berkasnya bisa dideteksi apakah melakukan plagiat atau tidak," bebernya saat sosialisasi turnitin di gedung pascasarjana lantai 3, selasa (12/2).

Husain Syam menambahkan, dengan alat ini, secara kelembagaan bisa memelihara kewibawaan akademik di UNM. "Langkah seperti ini memang harus didukung, kan semuanya demi kualitas dan mutu alumni UNM nantinya," paparnya.

Sama halnya dengan pembantu dekan I bidang akademik FIS, Hasnawi Haris juga mendukung kebijakan UNM membeli software pendeteksi kesamaan kata ini. Menurutnya, dari sisi kelembagaan, software ini bisa membantu kerja-kerja dewan kode etik dosen yang ada di UNM. "Secara kelembagaan dan secara personal kita support. Saya kira tidak ada alasan untuk menolak hal ini," kata Hasnawi Haris.

Namun menurut Hasnawi Haris, walaupun tanpa software, tindakan plagiat bisa terdeteksi bahkan diminimalisir jika peran penasehat akademik bekerja optimal. "Sebenarnya biar tidak pakai software semuanya bisa terdeteksi asalkan mahasiswa dan PA bisa berkoordinasi dengan baik," ungkapnya. (*)


*Reporter: Muhammad Yasir
FT dan FIS Dukung UNM Gunakan Software Turnitin Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 08.32 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.