Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Ada yang Salah dengan Pendidikan Anak Usia Dini

PR IV, Eko Hadisudjiono. (dok)
PROFESI-UNM.COM - salah satu kesalahan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) adalah mengajarkan anak menulis dan membaca.Hal ini diungkapkan oleh Pembantu Rektor IV UNM, Eko Sugiono saat mengisi materi Seminar Pendidikan yang bertemakan “Arah Kebijakan Kurikulum 2013” yang diselenggarakan oleh Study Club Raudatun Ni’mah (SCRN) di gedung Audiotorium Amanagappa kampus Gunung Sari UNM, Sabtu (23/2).

“Saat ini, baru memasuki Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD),anak diajari menulis dan membaca.Akhirnya mereka kehilangan kesempatan untuk mengembangkan kreativitasnya. Padahal pada usia ini, bukan usia untuk bereksplorasi, melainkan bagaimana caranya hidup bersih, bertata krama, serta sopan santun, supaya besar tidak risih seperti kita ini,” katanya.

Dosen Fisika ini juga sangat menyayangkan buku pelajaran yang menjadi bahan ajar di Sekolah Dasar kelas satu. Ia beranggapan, siswa saat ini diajarkan seolah-olah pintar membaca dan menulis. “Itu adalah pola yang harus diperbaiki,” tutur mantan Kepala P3G.

Kesalahan tersebut karena kompetensi serta umur peserta didik yang tidak sesuai. “Jadi kita harus pastikan, bahwa semua anak pada usia sekolah, harus sekolah, dan berada pada jenjang masing-masing,” tuturnya. (*)


*Reporter : Kasdar Kasau
Ada yang Salah dengan Pendidikan Anak Usia Dini Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 06.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.