Top Ad unit 728 × 90

Terbaru

recentposts

Professor Malaysia Gelar Kuliah Umum di FMIPA UNM

Suasana kuliah umum di Aula MP FMIPA UNM, Selasa (25/2)
(Rajab - Profesi)

PROFESI-UNM.COM - "Success is a journey, not a destination. The doing is often more important than the doing" Kata bijak tersebut dituturkan seorang professor asal Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dalam lawatannya ke Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Dua guru besar UTM sebagai visiting professor memberikan general lecture (kuliah umum), Selasa (25/2) di Aula MP FMIPA.

Prof. Dr, Mohammed Salleh Abu dan Prof. Dr. Baharuddin Aris memberikan kuliah umum dengan topik "Ensuring Success in Post Graduate Studies".Kuliah umum yang dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA, Hamzah Upu ini dihadiri ratusan sivitas akademika FMIPA.

Dalam kuliah, Salleh selaku pembicara utama menyampaikan hal-hal penting yang harus diperhatikan oleh mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pascasarjana. "Ada banyak memampuan yang harus dimiliki olah mahasiswa pascasarja, seperti kompetensi teknis berupa pengetahuan dalam bidang tertentu, keahlian meneliti, keahlian problem solving, keahlian perencanaan dan manajemen, serta keahlian lainnya," jelasnya dalam dwibahasa.

Ia juga mengemukakan keunggulan pascasarjana di UTM. "Jumlah mahasiswa program Master dan Ph.D kami merupakan salah satu jumlah mahasiswa postgraduate tertinggi di Malaysia. Rasio antara tenaga pengajar dan mahasiswa juga berbanding 1 dan 11. Hal terpenting dari mahasiswa postgraduate kami adalah lebih penekanan pada riset daripada kuliah di dalam kelas."tuturnya.

Bagi mahasiswa FMIPA yang ingin melanjutkan studi pascasarjana, UTM menyediakan konsentrasi matematika, fisika, dan kimia. Ketiga program tersebut juga terdiri atas program kependidikan maupun sains murni. Namun, pihak UTM tidak menghalangi mahasiswa yang ingin "melintas" jurusan. Selain itu, sejak tahun 2013 Dikti Kemdikbud juga telah menyediakan beasiswa di empat universitas di Malaysia, termasuk UTM. (*)


*Reporter: Awal Hidayat
Professor Malaysia Gelar Kuliah Umum di FMIPA UNM Reviewed by Thinkpedia Indonesia on 08.17 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.